Monday, October 5, 2020

BMKG Peringatan Dini Cuaca Ekstrem Senin, 5 Oktober 2020: Sebagian Wilayah Hujan Lebat hingga Angin

0 comments

TRIBUNNEWS.COM - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah merilis peringatan dini cuaca ekstrem, diperkirakan terjadi hari ini, Senin (5/10/2020).

Dilansir web.meteo.bmkg.go.id, sirkulasi siklonik terpantau di perairan Timur Filipina yang membentuk konvergensi memanjang di Kalimantan Utara.

Kondisi ini dapat menyebabkan potensi pertumbuhan awan - awan hujan di sekitar sirkulasi dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Selain itu, daerah pertemuan/perlambatan kecepatan angin (konvergensi) lainnya juga terpantau memanjang di Aceh bag Timur, dari Sumatera Utara hingga Perairan Barat Sumatera Barat, di Bengkulu, dari perairan Selatan Jawa Timur hingga Jawa Tengah, dari NTT hingga NTB bagian Timur, dari Kalimantan Selatan hingga Kalimantan Tengah, dari Sulawesi Tenggara hingga Sulawesi Tengah, di Laut Banda bagian Selatan, di perairan Utara Papua Barat dan dari Papua hingga Papua Barat, yang menyebabkan potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah tersebut.

Baca: Prakiraan Cuaca BMKG 33 Kota, Senin 5 Oktober 2020: 14 Kota Cerah Berawan di Pagi Hari

Berikut beberapa wilayah yang diperkirakan berpotensi hujan dan hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir hingga angin kencang hari ini Senin hingga Selasa.

Senin, 5 Oktober 2020

Wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang adalah :

- Aceh

- Sumatera Barat

- Riau

Let's block ads! (Why?)



No comments:

Post a Comment