Thursday, October 19, 2023

4 Misi Biden Berkunjung ke Israel, dari Ikut Berperang di Gaza dan Mengancam Iran

0 comments

loading...

Presiden AS Joe Biden memiliki khusus berkunjung ke Israel. Foto/Reuters

GAZA - Beberapa jam setelah serangan udara Israel menghantam Rumah Sakit Arab Al-Ahli Kota Gaza pada Rabu pagi, menewaskan sedikitnya 500 orang menurut otoritas kesehatan, Presiden Amerika Serikat Joe Biden mendarat di Israel .

Rumah sakit tersebut menampung ribuan pasien dan warga sipil lainnya yang mencari perlindungan dari pemboman tanpa henti di Jalur Gaza oleh Israel sejak serangan tanggal 7 Oktober oleh kelompok bersenjata Palestina Hamas di Israel selatan.

Perjalanan Biden ke sekutu terdekat Washington di Timur Tengah direncanakan sebelum serangan mematikan terhadap rumah sakit pada hari Selasa dan merupakan kunjungan berisiko tinggi ketika Israel terus menyerang Gaza sebelum melakukan serangan darat.

Namun serangan Israel terhadap rumah sakit tersebut telah menimbulkan konsekuensi diplomatik bagi Biden. Yordania, yang juga seharusnya menjadi tuan rumah bagi Biden untuk pertemuan puncak dengan Raja Abdullah II, Presiden Mesir Abdel Fattah el-Sisi, dan Presiden Otoritas Palestina Mahmoud Abbas, telah membatalkan pertemuan tersebut. Biden tidak lagi diterima di Amman saat ini.

Biden mengatakan, dalam sebuah postingan di X, platform yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter, bahwa dia “marah dan sangat sedih” dengan serangan terhadap Rumah Sakit Al-Ahli Arab, namun tidak mengkritik Israel.

Lantas, apa yang bisa ia capai selama kunjungannya ke Israel? Berikut adalah 4 misi yang hendak diwujudkan Biden.

1. Memberikan Jaminan bagi Israel

4 Misi Biden Berkunjung ke Israel, dari Ikut Berperang di Gaza dan Mengancam Iran

Foto/Reuters

Pada hari Selasa, lebih dari 3.000 warga Palestina, sepertiga dari mereka adalah anak-anak, telah meninggal akibat pemboman Israel sejak 7 Oktober – dan itu terjadi sebelum serangan terhadap Rumah Sakit Al-Ahli Arab.

Kunjungan Biden terjadi setelah diplomat utamanya, Menteri Luar Negeri Antony Blinken, bertemu dengan para pemimpin Arab pekan lalu, yang sebagian besar menolak untuk mengutuk Hamas atas serangannya yang menewaskan 1.400 orang di Israel, termasuk beberapa orang asing.

Menurut pemimpin AS tersebut, dia akan menerima penjelasan komprehensif mengenai tujuan dan strategi perang Israel dan menegaskan kembali komitmen Washington terhadap keamanan Israel.

Namun apa yang dikatakan Biden di depan umum, ketika berada di Israel, mengenai serangan terhadap Rumah Sakit Al-Ahli Arab, akan diawasi secara ketat untuk mengetahui tanda-tanda apakah AS sedang mengkalibrasi ulang pendiriannya terhadap konflik tersebut di tengah meningkatnya kemarahan internasional atas pemboman Israel yang menghancurkan. kampanye di Gaza.

Blinken pertama kali mengumumkan kunjungan Biden pada akhir pembicaraan selama lebih dari tujuh jam dengan Netanyahu dan pejabat lainnya pada Senin malam, di mana ia mengatakan perdana menteri Israel setuju untuk membuat rencana untuk memberikan bantuan kemanusiaan kepada warga sipil Gaza.

Adblock test (Why?)



No comments:

Post a Comment