Monday, July 20, 2020

Secangkir Kopi Buat Menteri di Pendopo Theys Eluay

0 comments

Oleh Egy Massadiah

SIANG itu, Selasa 7 Juli 2020, tokoh kharismatik Papua, mendiang Theys Hiyo Eluay seolah hidup kembali. Ia seakan hadir di antara tamu-tamu terhormat yang berkunjung ke rumah adatnya di Sentani, Papua.

Theys adalah salah satu representasi wajah Papua dalam sejarah panjang “Menjadi Indonesia”.

Jika dinarasikan dalam kalimat pendek, Theys adalah salah satu tokoh penentang penjajahan Belanda, sekaligus mendukung berkibarnya merah putih di Bumi Cendrawasih.

Syahdan, pada satu tarikan waktu, Theys berseberangan dengan republik Indonesia. Tak heran jika kemudian ia diburu militer. Cerita berakhir tragedi, Theys terbunuh.

Kisah Theys kita penggal dulu sampai di sini.

Kembali ke perjalanan Menko PMK Muhadjir Effendy, Menkes Terawan Agus Putranto, Ketua Gugus Tugas Covid-19, sejumlah anggota DPR RI (Komisi 8 dan 9), serta beberapa pejabat kementerian lain ke Papua.

Sebelum sampai ke pulau paling timur, rombongan ini telah menempuh perjalanan panjang sejak berangkat dari Jakarta (5/7/2020).

Yang dikunjungi adalah Surabaya, Maluku, Ternate, Manokwari, lalu Jayapura. Sebelum kembali ke Jakarta (8/7/2020), rombongan masih singgah di Merauke.

Kebetulan pula, bumi Papua punya kedekatan emosional dengan para pejabat yang berkunjung. Apalagi Doni Monardo. Baginya, Papua punya tempat khusus di relung hatinya.

Let's block ads! (Why?)



No comments:

Post a Comment