Tuesday, July 21, 2020

Putin Tunjuk Gubernur Baru di Wilayah yang Diguncang Protes

0 comments

loading...

MOSKOW - Presiden Rusia Vladimir Putin menunjuk gubernur baru untuk memimpin wilayah Timur Jauh Rusia, Khabarovsk, pada Senin (20/7), setelah gubernur sebelumnya ditahan atas tuduhan pembunuhan.

Kasus pembunuhan itu memicu gelombang unjuk rasa. Sebanyak 10.000 orang berunjuk rasa di Khabarovsk pada akhir pekan lalu untuk mendesak Moskow membebaskan Sergei Furgal, anggota Partai Demokratik Liberal (LDPR) yang menang pemilu 2018 setelah mengalahkan pesaing dari partai pro-Putin yang berkuasa.

Baca Juga:

Furgal yang lahir di Timur Jauh Rusi ditahan pada 9 Juli dan terbang ke Moskow untuk menghadapi dakwaan pembunuhan dan upaya pembunuhan pada sejumlah pebisnis 15 tahuan silam. Dia menyangkal tuduhan itu.

Demonstran pecah segera setelah itu dan telah berlangsung selama sepekan. Besarnya unjuk rasa itu tak biasa untuk wilayah Rusia dan otoritas belum bertindak membubarkannya.

Putin secara resmi mengganti Furgal dari posisinya dan memilih Mikhail Degtyaryov, 39, untuk mengambil alih sebagai pelaksana gubernur di wilayah itu. Degtyaryov merupakan anggota parlemen dan anggota LDPR.

Let's block ads! (Why?)



No comments:

Post a Comment