Wednesday, March 25, 2020

Bukan Lagi Social Distancing, Kini WHO Canangkan Physical Distancing, Apa Bedanya?

0 comments

TRIBUNNEWS.COM - Kini bukan lagi Social Distancing, Physical Distancing menjadi istilah baru yang belakangan hangat dibicarakan terkait virus corona atau Covid-19.

Upaya pencegahan penyebaran virus corona ini pun baru saja disebut Presiden Joko Widodo sebagai langkah pas untuk masyarakat Indonesia.

"Di negara kita yang paling pas adalah physical distancing, menjaga jarak aman," kata Jokowi dalam rapat terbatas lewat video conference dengan para gubernur seluruh Indonesia dari Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (24/3/2020) dikutip dari Kompas.com.

Selain disinggung oleh Jokowi, physical distancing juga dicanangkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Lalu apa arti physical distancing dan bedanya dengan social distancing?

Jokowi Siapkan Skenario Terburuk untuk Atasi Corona di Indonesia
Jokowi Siapkan Skenario Terburuk untuk Atasi Corona di Indonesia (tangkapan layar YouTube KompasTV)

Physical Distancing & Social Distancing

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menganjurkan penggunaan frasa 'Social Distancing' diganti menjadi 'Physical Distancing'.

Physical distancing ini sebagai perintah agar masyarakat tetap di rumah dan menjaga jarak fisik dengan orang lain untuk mencegah persebaran virus corona.

Namun, bukan berarti memutuskan kontak dengan teman dan keluarga secara sosial, hanya menjaga jarak secara fisik.

Dilansir dari bbs.bt, WHO menyampaikan bahwa physical distancing adalah untuk memberikan pemahaman yang jelas bahwa arahan pemerintah untuk tetap di rumah di tengah wabah Penyakit Coronavirus (Covid-19) bukan tentang memutuskan kontak sosial dengan keluarga dan teman-teman tetapi tentang menjaga jarak fisik untuk memastikan penyakitnya tidak menyebar.

Let's block ads! (Why?)



No comments:

Post a Comment