Friday, October 27, 2023

Pemkot Bima Raih IVL 2023 Berkat Optimalisasi Pelayanan Publik Berbasis Digital

0 comments

loading...

Berkat inovasi mewujudkan pelayanan publik berbasis digital, Pemkot Bima meraih penghargaan IVL 2023. (Foto: dok. Pemkot Bima)

JAKARTA - Indonesia Visionary Leader (IVL) 2023 Season XIII untuk kategori Best in Government Services Digital Innovation, berhasil diraih Pemerintah Kota (Pemkot) Bima. Ajang ini digelar oleh iNews Media Group di MNC Conference Hall iNews Tower Lantai 3 Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Kamis (26/10/2023).

Penghargaan ini diberikan langsung kepada Kepala Bidang Dinas Kominfo Kota Bima Fadil, SSTP. Apresiasi diberikan atas inovasi dalam mewujudkan tata kelola Pemerintahan dan layanan publik berbasis digital. Pemkot Bima menerapkan aplikasi Sistem Manajemen Administrasi dan Informasi Kelurahan (Simantik), e-Lapor, hingga Command Center.

Aplikasi Simantik menjadi big data dan pusat informasi Pemkot Bima, untuk mendukung pengelolaan arsip dan tata kelola pemerintahan berbasis elektronik sebagai bagian dari pelaksanaan Perpres Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik.

Hadirnya aplikasi ini untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel. Selain itu, mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya, serta meningkatkan keterpaduan dan efisiensi penyelenggaraan informasi Pemkot Bima.

Sedangkan melalui aplikasi e-Lapor, Pemkot Bima mengajak partisipasi masyarakat untuk melaporkan keluhan dan peduli terhadap lingkungan sekitarnya. Dengan aplikasi ini, warga dapat melaporkan aduan terhadap kondisi lingkungan, seperti sampah, banjir, kemacetan, jalan rusak, dan lain-lain.

Setiap laporan dari warga dapat dipantau progresnya, sehingga dapat memastikan semua keluhan yang disampaikan akan ditindaklanjuti oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

Pemkot Bima juga menerapkan Command Center, yang bisa diakses oleh seluruh masyarakat. Atau dari keluhan masyarakat diberikan ke RT/ RW lalu ditampung ke platform command center. Platform ini sebagai pengumpulan data, kita juga memiliki big data, sebagai dasar untuk melakukan pembangunan seperti kemiskinan, kerusakan, dan lainnya.

Pemkot Bima Raih IVL 2023 Berkat Optimalisasi Pelayanan Publik Berbasis Digital

Pemkot Bima mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya, serta meningkatkan keterpaduan dan efisiensi penyelenggaraan informasi berbasis digital. (dok. Pemkot Bima)

Menggeliatkan Potensi Pariwisata dan UMKM

Di samping meningkatkan tata kelola Pemerintahan dan layanan publik berbasis digital, Pemkot Bima juga memperkuat ekonomi kreatif dalam sektor pariwisata dan UMKM. Kota Bima memiliki potensi pariwisata yang luar biasa, karena dihimpit Labuan Bajo, Lombok, dan Bali.

Adblock test (Why?)



No comments:

Post a Comment