Friday, June 16, 2023

500 Bibit Pohon Akan Ditanam di Bekas TPA Pondok Rajeg Cibinong

0 comments

Laporan Wartawan Tribunnews, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM, BOGOR - Sekira akan ada 500 bibit yang akan ditanam di bekas Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Pondok Rajeg yang akan disulap menjadi hutan kota.

Pada peluncuran 'Plant Our Planet' dalam rangka memperingati hubungan diplomatik Korea - Indonesia yang ke-50 tahun dilakukan dengan cara menanam 50 bibit secara simbolis di lokasi Pondok Rajeg, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (15/6/2023).

Ketua Yayasan Korindo Mr. Robert Seung menyampaikan lahan dari Hutan Kota Pondok Rajeg ini terbilang istimewa.

Hal ini disebabkan tempat tersebut merupakan bekas tempat pembuangan sampah yang diubah menjadi hutan kota melalui bantuan dari program Corporate Social Responsibility (CSC) Yayasan Korindo.

“Pada hari ini, kita bersama-sama akan menanam pohon di lahan yang tidak sesuai standar peruntukannya," kata Robert Seung.

"Setiap pohon yang hadirin sekalian tanam akan menjadi penyerap karbon baru sekaligus menciptakan daerah hijau yang asri. Pohon-pohon ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi lingkungan dan masyarakat setempat,” lanjutnya.

Ada 2 jenis pohon yang ditanam di lokasi tersebut, yakni pohon eukaliptus dan pohon sangen yang menyesuaikan kontur tanah.

Robert mengatakan kampanye Plant Our Planet senada dengan komitmen Yayasan Korindo di bidang lingkungan.

Yayasan Korindo sejatinya telah membangun Hutan Kota Pakansari yang telah diserahterimakan pada 3 Februari 2023.

Hutan kota ini diserahterimakan kepada Pemerintah Kabupaten Bogor setelah melalui proses penanaman dan perawatan selama tiga tahun oleh Yayasan Korindo.

Setelah peluncuran program Plant Our Planet, Kedutaan Besar Republik Korea bersama Pusat Kerjasama Kehutanan Korea-Indonesia dan Yayasan Korindo akan membantu berkontribusi dalam penghijauan di Indonesia dengan memantau dan menanami pohon-pohon di hutan kota tersebut.

Baca juga: Hutan Kota Pakansari dan Pondok Rajeg Perluas Ruang Terbuka Hijau di Kabupaten Bogor

“Kami Yayasan Korindo akan terus mengembangkan serta memperluas program kolaborasi hijau bersama Kedutaan Besar Republik Korea untuk Republik Indonesia dan Pemerintah Kabupaten Bogor untuk keberhasilan Kampanye “Plant Our Planet”. Untuk itu kami mohon dukungan dan kerja samanya,” tandas Robert Seung.

Adblock test (Why?)



No comments:

Post a Comment