Friday, May 1, 2020

BMKG: Peringatan Dini Cuaca Ekstrem 1-2 Mei 2020, Sejumlah Wilayah Berpotensi Hujan Lebat

0 comments

TRIBUNNEWS.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis informasi peringatan dini cuaca ekstrem di Indonesia.

BMKG memperkirakan sejumlah wilayah berpotensi terjadi cuaca ekstrem, diguyur hujan dengan intensitas lebat hingga disertai dengan angin kencang.

Gorontalo dan Sulawesi Tengah diperkirakan terjadi hujan dengan intensitas lebat.

Untuk Jabodetabek dan Jawa Barat berpotensi hujan lebat disertai dengan angin kencang, kilat/petir.

Baca: Peringatan Dini BMKG Cuaca Ekstrem Jumat 1 Mei 2020, 17 Provinsi Berpotensi Hujan Petir dan Angin

Baca: BMKG: Prakiraan Cuaca 34 Kota Jumat 1 Mei 2020, Sejumlah Wilayah Berpotensi Hujan Petir

Sesuai dengan informasi pada laman web.meteo.bmkg.go.id, Deputi Bidang Meteorologi, Kamis (30/4/2020) menyampaikan adanya daerah pusat tekanan rendah (low) di Samudra Pasifik Utara Papua.

Selain itu, terdapat sirkulasi siklonik terpantau di Samudra Hindia Barat Sumatera, Laut Natuna, Kalimantan Barat, Papua bagian Utara dan Selatan.

Sirkulasi siklonik tersebut membentuk konvergensi yang memanjang dari Samudera Hindia Barat Sumatera, Riau bagian Timur hingga Kepulauan Riau, Kalimantan bagian Tengah, Maluku Tenggara hingga Papua Barat, Perairan Selatan Papua, dan Samudera Pasifik Utara Papua.

Kondisi ini menyebabkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah pusat tekanan rendah, sirkulasi siklonik, dan di sepanjang daerah pertemuan angin tersebut.

Berikut daftar wilayah yang berpotensi terjadi hujan lebat:

Jumat, 1 Mei 2020

Let's block ads! (Why?)



No comments:

Post a Comment