Monday, August 10, 2020

64.555 Siswa Ikuti Ajang Kihajar Stem Basic Kemendikbud Secara Daring

0 comments

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Plt Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan M Hasan Chabibie mengungkapkan sebanyak 64.555 siswa mengikuti ajang Kihajar Stem Basic.

Di tengah Pandemi Covid-19 ini, ajang yang diikuti siswa jenjang SD, SMP, SMA, SMK ini digelar secara daring.

"Diikuti sebanyak 64.555 peserta didik dari jenjang SD, SMP, SMA, SMK. Peserta terdiri dari 63.635 pelajar dari seluruh wilayah Indonesia dan 920 peserta berasal dari Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN)," ujar Hasan melalui keterangan tertulis, Senin (10/8/2020).

Baca: Kemendikbud Gelar Ajang Kihajar 2020 Secara Daring

Hasan mengatakan tingginya animo dalam mengikuti Kihajar Stem Basic dapat menjaga semangat pendidikan di Indonesia.

Selain itu, Kihajar Stem Basic dilaksanakan secara daring sebagai bagian meningkatkan kemampuan literasi khususnya pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran.

"Melalui pelaksanaan Kihajar akan menciptakan Gen Kihajar yang memiliki karakter mandiri, bernalar kritis, kreatif, gotong royong, berakhlak mulia dan kebhinekaan global sebagai wujud dari pelajar Pancasila," kata Hasan.

Ajang Kihajar 2020 ini akan terdiri dari tiga varian kegiatan yang baru yakni Kihajar Stem, Kihajar Explorer, dan Kihajar Tik Talks.

Baca: Kemendikbud Terbitkan Kurikulum Darurat pada Satuan Pendidikan dalam Kondisi Khusus

Kihajar Stem merupakan wadah eksplorasi siswa seluruh jenjang melalui pendayagunaan teknologi informasi dan komunikasi berbasis Sciences, Technology, Engineering, and Mathematics.

Kihajar Stem memiliki 4 fase yakni Basic, Intermediate, Advance, dan Final. Peserta terbuka dari tingkat SD, SMP, SMA atau SMK, serta pelajar dari madrasah, hingga Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN).

Sementara Kihajar Explorer, bakal hadir melalui akun Instagram tvedukasi_kemdikbud dengan memberikan pertanyaan setiap harinya.

Peserta akan diberikan tautan konten yang terdapat di portal Rumah Belajar, TV Edukasi maupun Suara Edukasi untuk menjawab pertanyaan tersebut.

Lalu Kihajar Tik Talks yang bakal berisi seminar daring yang membahas pendidikan daerah. Acara ini disiarkan melalui Rumah Belajar, TV Edukasi, dan Suara Edukasi.

Let's block ads! (Why?)



No comments:

Post a Comment