Friday, May 1, 2020

PNS Dilarang Cuti Selama Pandemi Corona, yang Nekat Mudik akan Dipecat

0 comments

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah membuat pembatasan dalam pemberian hak cuti kepada aparatur sipil negara (ASN) atau pegawai negeri sipil (PNS) di tengah pandemi corona.

Asisten Deputi Integritas dan Evaluasi Sistem Merit Kementerian PAN-RB Bambang Sumarsono mengatakan para ASN dilarang mengajukan cuti.

Selain itu para pejabat pembina kepegawaian (PPK) juga tidak diperbolehkan memberikan izin cuti.

"ASN yang memang mempunyai hak cuti, tapi maaf kali ini hak cuti sangat dibatasi. Dalam ketentuan SE 46 tahun 2020 ini dinyatakan, ASN dilarang mengajukan cuti dan pejabat pembina kepegawaian pun tidak boleh memberikan cuti bagi ASN," ujar Bambang Sumarsono di Kantor BNPB, Jakarta, Kamis (30/4/2020).

Larangan tersebut mengacu pada Surat Edaran Nomor 46 Tahun 2020 MenPAN-RB tentang Pembatasan Kegiatan Bepergian Keluar Daerah dan/atau Kegiatan Mudik dan/atau Cuti bagi ASN dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19. Meski begitu, Bambang mengatakan terdapat pengecualian kepada ASN yang mengajukan cuti.

Pengecualian tersebut diberikan kepada ASN yang melahirkan, sakit keras, dan yang memiliki alasan penting.

"Memang ada pengecualian bagi ASN yang cuti melahirkan. Mau melahirkan mau gak mau diberi cuti. Kemudian cuti sakit tentu sakit yang cukup parah dan cuti alasan penting bagi ASN," ujar Bambang.

Baca: Pasutri Pelaku Penusukan Wiranto Ternyata Bawa Anaknya Saat Beraksi di Alun-alun Menes

Bambang menjelaskan cuti dengan alasan penting hanya diberikan ketika keluarga inti yang mengalami sakit keras atau meninggal dunia. Sementara cuti menikah tidak mendapatkan pengecualian.

"Seperti cuti menikah tidak ada di ketentuan ini," ucap Bambang.

Bambang mengatakan pemberian cuti diatur dalam PP nomor 17 tahun 2020 sebagai revisi PP 11 tahun 2017 mengenai manajemen PNS. Serta PP 49 tahun 2018 mengenai manajemen pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

Tidak hanya itu, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) telah mengatur sanksi serta hukuman bagi aparat sipil negara (ASN) yang tetap melakukan perjalanan mudik. (Tribun Network/fah/wly)

Let's block ads! (Why?)



No comments:

Post a Comment