Friday, July 7, 2023

Piala Dunia U-17 2023 Erick Thohir Bantah Renovasi JIS Capai Rp 5 Triliun

0 comments

Piala Dunia U-17 2023, Erick Thohir Bantah Renovasi JIS Capai Rp 5 Triliun

TRIBUNNEWS.COM - Kabar kalau renovasi Jakarta International Stadium (JIS) yang disiapkan untuk Piala Dunia U17 2023 membutuhkan anggaran sebesar Rp 5 triliun dibantah Ketua Umum PSSI, Erick Thohir.

Seperti diketahui, JIS menjadi satu di antara venue yang dipertimbangkan untuk diajukan menjadi lokasi gelaran Piala Dunia U-17 2023.

Hal itu seiring ditunjukkan Indonesia oleh FIFA sebagai tuan rumah Piala Dunia U17 2023, menggantikan Peru.

Baca juga: Soal Wacana Renovasi JIS, Erick Thohir: Niat Baik Jangan Dirunyam Isu Politik

Salah satu arena yang disiapkan Indonesia untuk menggelar laga-laga Piala Dunia U17 2023 adalah Jakarta International Stadium atau JIS.

Namun, untuk menggelar pertandingan Piala Dunia U17 2023, salah satu kendala yang dihadapi JIS adalah kualitas rumput.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, mengatakan bahwa rumput tidak memenuhi standar FIFA.

Basuki mengungkapkan, seluruh rumput JIS bakal diganti dengan estimasi biaya yang dibutuhkan sekitar Rp 6 miliar.

Baca juga: Benarkah Rumput JIS Tidak Sesuai Standar FIFA? Yang Dicek Pejabat Bukan Rumput Lapangan Utama?

"Itu (rumput JIS) akan diganti dengan rumput yang lain untuk bisa dipakai Piala Dunia U17. Belum saya hitung, yang saya tahu baru rumput tadi saya tanya Pak Qamal (Mustaqim) sekitar Rp 6 miliar," ungkap Basuki, dikutip Kompas.com, Selasa (4/7/2023).

Terpisah, Ketua Umum PSSI Erick Thohir membantah kabar yang menyebut renovasi JIS membutuhkan anggaran sebesar Rp 5 triliun.

"Itu tidak ada renovasi (JIS) Rp 5 triliun," kata Erick di sela meninjau pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sanur, Denpasar, Bali, pada Kamis (6/7/2023), seperti dikutip Antara.

Baca juga: Soal Tudingan Renovasi JIS Berbau Politis, Erick Thohir: Biarin Saja, Saya Enggak Mau Pusing

Jakarta International Stadium (JIS) usai diguyur hujan, Rabu (23/11/2022)
Jakarta International Stadium (JIS) usai diguyur hujan, Rabu (23/11/2022) (tribunnews.com/alfarizyAF)

Meski tidak menyebutkan biaya renovasi JIS, Erick menjelaskan bahwa total anggaran untuk renovasi 22 stadion di Indonesia mencapai Rp 1,9 triliun.

Pria yang juga menjabat sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu pun menyayangkan kabar tidak benar yang menjebut renovasi JIS butuh anggaran Rp 5 triliun. 

"Kan ini banyak penyebar hoaks, sekarang kan (zaman) media sosial. Stadium JIS dibangun Rp 5 triliun atau Rp 4,5 triliun, mau direnovasi Rp 5 triliun untuk cari 'proyek'. Rumput saja Rp 6 miliar," kata Erick.

Adblock test (Why?)



No comments:

Post a Comment