Wednesday, July 1, 2020

Pentagon Beberkan Rencana Tarik 9.500 Personel Pasukan Amerika Serikat Dari Jerman

0 comments

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump telah menyetujui rencana Pentagon untuk menarik 9.500 tentaranya dari Jerman.

Langkah ini diputuskan setelah Donald Trump menyebut negara itu gagal memenuhi kewajiban pengeluarannya sebagai mitra NATO.

Seperti yang disampaikan Asisten Sekretaris Pertahanan untuk Urusan Publik Jonathan Hoffman dalam sebuah pernyataan pada Selasa kemarin waktu setempat.

"Sekretaris Pertahanan dan Ketua Kepala Staf Gabungan menjelaskan kepada Presiden Trump kemarin, tentang rencana untuk memindahkan 9.500 tentara dari Jerman," ujar Hoffman.

Baca: Iran Keluarkan Surat Perintah Penangkapan Presiden Donald Trump

Ia menambahkan, proposal yang disetujui itu tidak hanya untuk memenuhi arahan dari Donald Trump, juga akan meningkatkan tindakan pencegahan terhadap Rusia, memperkuat NATO, meyakinkan sekutu, meningkatkan fleksibilitas strategis AS, dan merawat anggotanya dan keluarga mereka.

Dikutip dari laman Sputnik News, Rabu (1/7/2020), para pemimpin Pentagon berharap bisa memberikan pengarahan terkait rencana ini kepada komite pertahanan kongres dalam beberapa minggu mendatang, diikuti konsultasi dengan sekutu NATO nantinya.

Baca: Presiden AS Donald Trump Tuai Kritik setelah Retweet Video Rasis

"Kami akan memberikan pembaharuan informasi tepat waktu kepada personel yang berpotensi terkena dampak, keluarga mereka dan masyarakat saat rencana ini berlangsung," kata Hoffman.

Perlu diketahui, pada awal bulan ini, Donald Trump mengumumkan niatnya untuk memindahkan hampir 10.000 tentaranya dari Jerman.

Ia menilai negara itu hanya membayar 1,4 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB) terhadap pertahanan.

Let's block ads! (Why?)



No comments:

Post a Comment