Tuesday, June 20, 2023

Tiba di Arab Saudi Menag Cek Kesiapan Armuzna

0 comments

loading...

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas tiba di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah, Arab Saudi. Foto: SINDOnews/Sucipto

MADINAH - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas tiba di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah, Arab Saudi. Kedatangan Amirul Hajj ke Arab Saudi selain melihat secara langsung kesiapan di Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armina) jelang puncak ibadah haji 1444 H/2023 juga untuk bertemu Menteri Haji Arab Saudi.

"Ya saya datang ini mau ngecek kesiapan Armina sebelum lusa saya akan kembali lagi ke Indonesia, tanggal 24 nanti balik lagi ke sini," ujar Gus Yaqut, Senin (19/6/2023).

Gus Men panggilan akrab Yaqut Cholil Qoumas mengaku akan menginventarisasi segala kesiapan yang telah dilakukan oleh penyelenggara haji.

"Kita akan cek satu persatu. Nanti malam insyaalloh, persiapannya seperti apa, kekurangannya di mana supaya kita bisa konsolidasikan," ujarnya.

Selain mengecek kesiapan Armuzna, kata Gus Yaqut, kedatangannya ke Tanah Suci juga untuk bertemu dengan Menteri Haji Arab Saudi.

"Besok insyaalloh, besok insyaalloh, ada pertemuan dengan menteri haji menyampaikan beberapa catatan kita. Catatan positif sih yang banyak," katanya.

Gus Yaqut menyebut, salah satu catatan yang akan disampaikan adalah soal pelayanan. "Ya kaya pelayanan bagus, penyambutan baik, apa yang kita minta tahun lalu misalnya penambahan toilet di Arafah juga ditambahkan," ujarnya.

Termasuk permintaan pengadaan mobil golf di Mina untuk mengevakuasi jemaah yang membutuhkan pertolongan.

"Apa yang kita minta semuanya dipenuhi termasuk persiapan mobil golf. Tahun lalu kita minta ke Kementerian Haji mobil golf di Mina untuk melakukan evakuasi jika terjadi sesuatu terhadap jemaah infonya hari ini dipenuhi, berapa? 15 ya, inikan baik sekali jadi saya kira ini bagian dari ikhtiar yang kita lakukan dan citra hubungan diplomatik Kerajaan Arab Saudi dan pemerintah Indonesia semakin baik," ucapnya.

(ams)

Adblock test (Why?)



No comments:

Post a Comment